October 2022

Terima Kasih Mas

Waktu pertama kali ketemu dengan petugas bus Transjakarta yang satu ini, aku sempat kagum dengan cara dia menjelaskan nama pemberhentian bis selanjutnya. Kok dia bisa ya hafal pemberhentiannya dan menjelaskan dengan sangat ramah?

Ketika ketemu dengan dia lagi di hari yang berbeda, dia masih tetap sama. Menjelaskan rute selanjutnya dan mengingatkan penumpang agar berhati-hati dengan bawaannya. Dia mengucapkan semuanya dengan sepenuh hati. Berasa banget energi tulus dan pelayanannya.

Aku sempat memberikan pertanyaan mengenai makan ungkapan terima kasih lewat status di media sosial. Berikut hasil responnya:

Ungkapan penghargaan atas bantuan yang diberikan

Iryanti

Terima kasih maksudnya abis kita terima jangan lupa kita kasih lagi supaya balance. Take and give dong!

Friska

Menyadarkan kita sebagai makhluk sosial yang butuh pertolongan.

A.Y. Indrayana

Ketika seseorang mengatakan terima kasih berarti:

  • dia merasa terbantu dengan layanan atau pemberian yang diberikan.
  • dia berpikir kedudukannya setara dengan yang memberikan bantuan. Mengucapkan terima kasih merupakan bentuk penghormatan.
  • dia berharap agar yang memberikan bantuan ga kapok untuk membantu dan melayani lagi.

Lebih jauh lagi, ucapan terima kasih ada manfaatnya:

Penelitian Nathaniel Lambert (Florida State Univeristy Tallahasee) membuktikan bahwa orang yang sering mengatakan terima kasih mampu mentransformasi kejadian negatif menjadi pemikiran positif.

Selanjutnya, Robert A. Emmos dalam bukunya “Thanks: How the New Science Gratitude Can Make Happier menatakan bahwa ucapan terima kasih mampu meningkatkan kualitas hubungan dengan orang lain.

Yuk kita ucapkan terima kasih kepada setiap kejadian yang kita alami dan semua orang yang telah memberikan pelajaran hidup di sekitar kita.

14 Oktober 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *