Mei 2024,  Travel

Beresin Sendiri

Transit sebentar di Taipei dan travelling ke Korea membuat aku kagum akan budaya mereka. Salah satunya adalah budaya makan yang merupakan kebiasaan warga sana.

Mereka punya kesadaran kalau setelah makan di restoran, kedai atau kantin, mereka beresin sendiri piring, sendok, sumpit, garpu setelah mereka gunakan.

Selain itu, budaya ini didukung dengan tempat meletakkan nampan berisi perlengkapan makan yang telah digunakan sehabis makan. Namanya “Tray Return Area”. Mereka punya sudut atau tempat tertentu bagi penikmat makanan untuk meletakkan nampan berisi piring, gelas, garpu, yang telah terpakai.

Kebiasaan berberes ini dilakukan sebelum mereka meninggalkan restoran.

Menurutku, kebiasaan berberes ini berperan terhadap:

Pertama, kebersihan lingkungan. Makanya jalanan di Korea bersih banget. Tong sampah jarang banget di jalanan, namun ada di area tertentu. Hebatnya, jalanan tetap bersih. Aku rasa kalau ada sampah dadakan, mereka keep dulu sampahnya di tas atau kantong celana maupun baju.

Kedua, berberes piring, sendok, sumpit, dan garpu setelah makan, menunjukkan kalau masyarakat peduli terhadap pelayan dan petugas kebersihan. Ini menjadi PR kita warga Indonesia. Berempati satu terhadap yang lain. Melatih awareness kita terhadap sesama.

Kita, warga Indonesia harusnya ga boleh manja. Dengan mengembalikan perlengkapan makan ke tempat yang harusnya disediakan oleh restoran, berarti kita telah membantu petugas dan pelayan kebersihan.

Oh satu lagi yang perlu di contoh. Yang ketiga, kalau makan di Korea, mereka menyediakan free air putih untuk diminum setelah makan. Budaya minum air putih dijalankan untuk meningkatkan kesehatan.

Satu hal yang perlu diketahui, kalau makan di restoran di Korea, setiap orang harus pesan satu makanan. Jadi kalau kita datang berdua, kita juga harus pesan dua porsi makanan. Terus, ukuran satu porsi makanan Korea cukup banyak dan besar.

Beruntung kita di Indonesia, ga ada aturan seperti itu. Makanan satu porsi besar bisa dimakan berdua atau bertiga bahkan berempat. Hahaha.

Akhirnya, yang jadi pertanyaanku: apakah semua restoran di Indonesia menyediakan tempat khusus meletakkan perlengkapan makanan yang telah digunakan? Walaupun belum, tidak ada kata terlambat. Yuk mulai berberes perlengkapan makan setelah kita makan di restoran.

Note: Foto di atas merupakan area meletakkan nampan di airport Taipei. Yang di Korea, aku lupa foto. Foto satu lagi, makanan vegetarian yang aku makan di airport Taipei beserta traynya. Rasanya maknyus.

3 May 2024

Susiana Samsoedin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *