My Learning Journey,  November 2023

Love without Expectation

Love without expectation. Is is possible?

Pernah ga berantem ketika pacaran?

Pernah ga kesal sama pacar, istri atau suami?

Banyak yang bilang kalau pertengkaran dan kekesalan merupakan bumbu dalam pacaran atau pernikahan.

Sumber Gambar: pixabay_pexel

Self Love

Ternyata, menurut Michael B. Beckwith, seorang penulis dan Direktur Agape International Spiritual Center, menyatakan kurangnya cinta diri (self love) dari manusia menyebabkan konflik dalam hubungan.

Lebih lanjut, kurangnya self love menyebabkan manusia mengharapkan hal yang kurang dari dirinya ada pada orang lain. Misalnya, ketika diri merasa kurang mandiri dan tergantung pada orang lain, maka, pasti mengharapkan pasangannya mandiri dan mampu berbuat banyak hal. Tetapi, ketika pasangan tidak memenuhi ekspektasi, maka timbul rasa kecewa. Akhirnya, timbul tuntutan ke pasangan.

Expectation

Penyebab kesal, berantem, konflik dalam hubungan adalah kurangnya cinta diri dan ekspektasi yang berlebihan terhadap pasangan.

Kalau sudah cinta diri sendiri sepenuhnya, maka diri kita ga akan cari apa yang kita inginkan dalam diri orang lain. Cinta diri berarti semua yang kita harapkan dari orang lain sudah ada dalam diri kita.

Bangun pribadi kita sendiri sesuai dengan yang kita inginkan. Jadi, ga perlu nuntut orang lain atau mengharapkan orang lain sesuai keinginan kita sehingga cinta sejati ada dalam hubungan itu. Pada akhirnya, keduanya hanya mencintai saja tanpa ekspektasi.

Susiana Samsoedin

Referensi

Beckwith, Michael B. https://www.instagram.com/reel/CzEgI4vOu16/?igshid=MTc4MmM1YmI2Ng==

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *