My Learning Journey,  November 2022

Silver Man in Indonesia

Silver man. Sering banget lihat mereka di jembatan penyeberangan. Mereka diam saja ga bergerak sama sekali. Posenya kadang memberi hormat, berdiri, diam kaku, tapi ada juga yang tiduran.

Kemarin, kebetulan aku berpapasan dengan mereka di jalan ketika aku pulang kerja. Mereka sedang mengoleskan cat warna silver di leher dan kaki. Aku berhenti sejenak dan iseng bertanya, “Gatel-gatel ga sih mas?”. Kemudian, dia jawab, “Ga mba, saya pakai minyak sayur.”

Sumber Gambar: Sharath G._pexel

Asal Muasal Silver Man

Awalnya, silver man mulai muncul di Bandung pada pertengahan 2012 dengan kedok meminta donasi untuk anak yatim. Sebetulnya, kedok donasi ini melanggar Perda Kota Bandung K3 dan Undang Undang Nomor 9 tahun 1961 tentang pengumpulan uang atau barang.

Keberadaan mereka semakin booming pada masa pandemi Covid 19 karena banyaknya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Ada yang berpendapat kalau ini sah-sah saja karena halal: mengemis dengan gaya.

Dampak Adanya Silver Man

Selanjutnya, yang mengenaskan adalah ketika orang dewasa menjadikan anak bayi atau dibawah umur sebagai manusia silver untuk mengemis. Selain itu, penggunaan cat silver bisa memicu alergi, penyakit paru-paru hingga kanker kulit karena mengandung zat kimia paraphenylenediamine yang bereaksi jika dipadukan dengan oxidizer.

Sumber Gambar: Kompas.com
Sumber Gambar: Kompasiana.com

Prihatin ya dengan silver man ini.

Pemerintah perlu memberikan pelatihan kepada manusia silver usia produktif sehingga mereka mendapatkan keahlian dan pekerjaan.

Susiana Samsoedin

18 November 2022

Referensi

Detiknews. Sejarah ‘Manusia Silver’: Bermula dari Kedok Sumbangan untuk Anak Yatim. 2021. https://news.detik.com/berita/d-5742122/sejarah-manusia-silver-bermula-dari-kedok-sumbangan-untuk-anak-yatim

Kompas.com. Manusia Silver Semakin Marak di Semarang, 300 Orang Terjaring Razia Selama Pandemi. 2021. https://regional.kompas.com/read/2021/09/30/223908278/manusia-silver-semakin-marak-di-semarang-300-orang-terjaring-razia-selama?page=all

Kompasiana.com. Fenomena Kemunculan Manusia Silver di Kota-kota Besar, Sebuah Potret Keprihatinan. 2021. https://www.kompasiana.com/akhmadf/6153f99406310e5a3f0d8f72/fenomena-kemunculan-manusia-silver-di-kota-kota-besar-sebuah-potret-keprihatinan

yoursay.id. Polemik Manusia Silver yang Menuai Pro dan Kontra. 2021. https://yoursay.suara.com/kolom/2021/11/17/164918/polemik-manusia-silver-yang-menuai-pro-dan-kontra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *