December 2023,  My Learning Journey

Connection before Correction

Connection before correction. Aku terkesima dengan 3 kata ini. Minggu lalu sekolah tempatku bekerja mendatangkan narasumber untuk workshop tentang how to deal with alpha generation.

Sumber Gambar: pexel

Narasumber mengatakan kalau sebelum kita mengoreksi anak kita atau peserta didik yang berbuat kesalahan, kita harus bangun connection yang baik dengan mereka dengan cara  menempatkan diri kita ada di posisi mereka.

Dengan ini anak merasa bahwa kita memahami posisi mereka, anak merasa kalau kita mengerti mereka. Connection menimbulkan perasaan nyaman, dan keterbukaan. Setelah membangun connection, barulah kita mengoreksi perilaku mereka. Jelaskan maksud kita tanpa menghakimi. 

Gimana sih caranya bangun koneksi sebelum mengoreksi?

Pertama, jangan langsung reaktif ketika mereka buat salah. Pause sebentar dan tenangkan diri baru kita bicara.

Kedua, dengarkan dengan seksama perasaan mereka ketika mereka curhat. Usahakan memberikan kesan kita paham dengan perasaan mereka. 

Ketiga, validasi perasaan mereka. Contoh; Oh, jadi kamu suka ya kalau mama ga marahin kamu ketika kamu dapat nilai jelek?Kamu marah ya sama ms makanya kamu menangis? Kamu ga suka ya sama aturan antri yang ms sampaikan?

Kelima, jelaskan maksud kita dengan alasan yang jelas dan masuk akal.

Keenam, expresikan rasa sayang dengan pelukan atau sesuaikan dengan love language mereka. Connection juga bisa dibangun dengan sering quality time bersama mereka: bermain, makan, atau menonton bersama.

Sebab pada dasarnya orang ingin dimengerti dulu kan? Orang ingin dipahami dulu sebelum diberikan saran, masukkan, kritikan atau judgement.

Referensi

Nelsen, Jane. Connection before Correction. https://www.positivediscipline.com/articles/connection-correction-0

Cardiff Family Advice and Support. Parents Plus & Parents First Psychology Led Service: Helping children with their behaviour: Connection & Correction. https://www.cardifffamilies.co.uk/cardiff-parenting-0-18/connection-and-correction/#:~:text=The%20Two%20Hands%20of%20Caregiving%3A%20Connection%20%26%20Correction&text=Hand%20one%20is%20connection%20%E2%80%93%20the,to%20feel%20safe%20and%20secu.

Browne, Sarah J. Connection before Correction.https://endcan.org/2022/06/16/connection-before-correction/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *