Juli 2022

Menantu

Sebagai menantu, aku berusaha untuk ngertiin mertuaku. Aku yakin, kalian yang punya mertua juga punya pengalaman gimana rasanya mencoba belajar mengerti orang lain, salah satunya mertua.

Jadi menantu ga mudah lho, apalagi di awal-awal pernikahan. Untungnya mertuaku baik banget, supportive dan ngertiin aku juga. Apa aja sih tugas menantu menurut pandangan agama Islam, Buddha dan Kristen? Aku rasa perlu juga lihat pandangan dari agama-agama ini, untuk mencoba mereflksi diriku sendiri mengenai peran aku sebagai menantu dalam keluarga, terutama terhadap mertua. Semoga membantu kalian, yang memiliki peran sebagai menantu juga ya.

Sumber gambar: Andrea Piacquadio_pexels

Pandangan Agama Islam

Tugas menantu terhadap mertua menurut pandangan Islam:

  • Memperlakukan mertua seperti orang tua sendiri.
  • Bersikap baik dan tidak kasar.
  • Mendekatkan anak dengan mertua.
  • Memberi rezeki pada mertua.
  • Memberi doa terbaik pada mertua

Pandangan Agama Buddha

Menurut pandangan agama Buddha, tugas menantu terhadap mertua:

  • Memperhatikan kebahagiaan batin mertua. Contoh ajak dan memfasilitasi beribadah.
  • Dorong mertua untuk melakukan perbuatan baik.
  • Berbakti kepada mertua.

Pandangan Agama Kristen

Menurut pandangan Kristen sebaiknya menantu menerima kekurangan mertua, melengkapi kekurangan mertua dengan kelebihan menantu.

Selain itu, menantu jangan melakukan sesuatu yang dapat menimbulkan konflik. Konflik di sini maksudnya bikin ribut antara mertua dan anaknya atau cucu dengan mertua atau ipar dengan mertua.

Menurutt pandanganku rejeki menantu akan semakin bertambah ketika mertua dibuat bahagia. Dan lebih lagi, ketika hubungan baik terjadi, doa mertua terhadap menantu menambah rejeki sang menantu.

2 Juli 2022

Susiana Samsoedin

Resources

Berita Telaga. Jika Seatap Dengan Mertua. 2016. https://www.telaga.org/berita_telaga/jika_seatap_dengan_mertua

Munthaqin, Rendy M. 5 Adab Menantu Terhadap Mertua Menurut Ajaran Agama Islam. https://www.popmama.com/life/relationship/rendy-muthaqin/adab-menantu-terhadap-mertua-menurut-agama-islam

Sariputta. Kewajiban Anak Terhadap Orang Tua (Dan Mertua). 2018. https://www.sariputta.com/artikel/ajaran-dasar/konten/kewajiban-anak-terhadap-orang-tua-dan-mertua/1163

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *