February 2023,  My Learning Journey

Ini Makanan Buat Bapak Ya!

Aku sering lihat orang baik disekitarku, bahkan orang yang aku nggak kenal. Hari Minggu lalu aku makan di restoran vegetarian di daerah Tanjung Duren. Kemudian, aku melihat pemilik resto memberikan box tambahan berisi makanan nasi komplit ke abang ojol. Kata pemilik resto, “Ini ya pak makanan buat bapak.” Abang ojol bilang, “Makasih pak.”

Aku juga beberapa kali berpapasan dengan seorang wanita di jembatan penyeberangan. Dia selalu memberikan uang kepada pengemis. dengan mengambil uang itu dari kantong celananya. Dia lagi… dia lagi…

Salut banget sama para pemberi ini.

Sumber Gambar: frimufilms on Freepik

Manfaat Berdana

Selanjutnya, berdana dapat dilakukan dalam bermacam bentuk. Berdana dalam bentuk doa, tenaga, materi, pengetahuan dan menyayangi makhluk hidup memberikan manfaat yaitu:

  • Untuk kemuliaan Tuhan, kesejahteraan manusia, menjadi saluran berkat (I Ketut Enoh).
  • Membawa seseorang terlahir ke alam brahma (Anguttara Nikaya IV, 62).
  • Memperindah batin, terbebas dari kekikiran, keserakahan, kemelekatan (Bhikku Santaseno).
  • Memperpanjang umur.
  • Melindungi dari bencana.
  • Berbagi kebahagiaan

Lebih jauh lagi, berdana membuat saluran berkat mengalir dalam berbagai bentuk. Pertama, rumah temanku lolos dari kebakaran di malam tahun baru 2023. Kebetulan, temanku itu memang rajin berdoa. Terus, yang kedua, tetangga kakak temanku juga lolos dari kebakaran di Januari 2022. Padahal sekitarnya kena semua. Ini foto rumahnya.

Sumber Foto: Putriana Dewi

Berdana atau sedekah dalam bentuk apapun dengan motivasi tulus dan ikhlas merupakan sarana untuk mencapai kebahagiaan sempurna.

Susiana Samsoedin

3 February 2023

Referensi

Enoh, I Ketut. Tinjauan Teologis Tentang Arti Berkat dalam Kehidupan Orang Percaya. http://www.sttjaffray.ac.id/images/stories/Jurnal/Jurnal__Finilon_8.pdf

DetikJabar. Ragam Manfaat Sedekah. 2022. https://www.detik.com/jabar/berita/d-6438968/ragam-manfaat-sedekah

Sammaditthi. Berdana dalam Agama Buddha. 2021. https://sammaditthi.org/?p=1909#:~:text=Dalam%20Anguttara%20Nikaya%20IV%2C%2062,dan%20moha%20(kebodohan%20batin).

Santaseno. Sebab dan Alasan dalam Berdana. 2020. https://www.dhammacakka.org/?channel=ceramah&mode=detailbd&id=1107

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *