January 2023,  My Learning Journey

Love Language

Aku terkejut banget ketika putriku (umurnya: 16 tahun) ngomong tentang love language dua hari yang lalu. Waktu itu kami lagi bahas topik pacaran. Ketika dia mengucapkan love language, aku jadi ingin tahu lebih banyak.

Love Language Definition

Love language merupakan cara seseorang mengekspresikan, menerima atau merasakan cinta dari orang lain. Beda orang beda love language karena kepribadian yang berbeda juga.

Sumber Gambar: Freepik

5 Types of Love Language

Lebih jauh lagi, Dr. Gary Chapman, mencetuskan 5 jenis love language yang diterima dan diexpresikan orang-orang:

Pertama, acts of service. Mereka yang memiliki jenis love language ini merasakan cinta ketika orang lain mengekspresikan cinta lewat perbuatan dari pada kata-kata. Contohnya: bantu cuci piring atau pasang gas.

Kedua, receiving gifts. Seseorang dengan jenis love language ini merasakan cinta dari orang lain ketika mereka menerima hadiah dengan tulus termasuk waktu dan usaha orang lain atau si pemberi hadiah.

Ketiga, quality time. Mereka yang memiliki jenis love language ini merasakan cinta ketika orang lain memberikan waktu sepenuhnya untuk menghabiskan moment bersama. Tidak memegang HP atau kerja lewat lap top tapi active listening ketika bersama mereka.

Keempat, words of affirmation. Mereka suka akan ucapan kind words, pujian, penghargaan lewat pesan lucu, surat cinta atau small notes. Kata-kata afirmasi ini sangat berarti bagi mereka yang memiliki jenis love language ini.

Kelima, physical touch. Mereka yang memiliki jenis love language ini lebih suka mengekspresikan cinta atau diperlakukan dengan tulus lewat sentuhan fisik: pelukan, pegangan tangan, tepukan bahu atau punggung.

Selanjutnya, aku baru tahu kalau kalau mengetahui love language berguna banget.

The benefits of Love Language

Ketika mengetahui love language dari orang sekitar atau orang terdekat kita, kita dapat:

  • mengenal diri dan pasangan
  • mengidentifikasi sumber konflik. Contoh: Ooo dia sukanya dibantuin dari pada dikirimin kata mesra.
  • menumbuhkan hubungan yang lebih dekat dan mendalam.
  • belajar mengekspresikan cinta sesuai dengan love language pasangan sehingga tepat sasaran

Akhirnya, yuk coba ikut kuis ini untuk tahu jenis love language kita. Minta orang yang kamu cintai ikut juga ya. Berikut linknya: https://5lovelanguages.com/quizzes/love-language

27 Januari 2023

Referensi

Gordon, Sherri. What Are the Five Love Languages? Knowing your partner’s love language could strengthen your relationship. 2023. https://www.verywellmind.com/can-the-five-love-languages-help-your-relationship-4783538

5 Love Languages. The Love Language Quiz. https://5lovelanguages.com/quizzes/love-language

5 Love Languages. What Are the 5 Love Languages? https://5lovelanguages.com/learn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *