December 2023,  My Learning Journey

Enggang yang Tepat

Waktu aku pergi ke Pontianak kemarin, aku mampir ke Rumah Radakng, replika dari rumah adat suku Dayak di Kalimantan Barat. Rumah ini juga merupakan landmark dari kota Pontianak. Kata temanku, patung yang ada di ujung tiap tiang di depan Rumah Radakng adalah patung burung Enggang Gading yang merupakan maskot dari provinsi Kalimantan Barat.

Lebih jauh lagi. replika burung Enggang ini terlihat di depan pintu gerbang, lukisan, balai desa, ukiran, bahkan di makam. Kenapa ya burung Enggang ini, dipilih sebagai maskot di Kalimantan Barat?

Burung Enggang

Burung Enggang merupakan lambang, simbol kebesaran, kemuliaan Suku Dayak.

Selain itu, burung ini merupakan lambang perdamaian, persatuan sekaligus simbol spiritualitas yang menghubungkan alam, manusia dan Jubata (Tuhan). Burung ini termasuk satwa yang dilindungi karena hampir punah keberadaanya.

Lebih jauh lagi, orang tidak boleh memburu burung ini atau membunuhnya karena dianggap sakral. Bulunya hanya boleh diambil dari burung Enggang yang mati secara alami. Bulu burung Enggang digunakan untuk hiasan kepala bagi orang yang dihormati, atau di jari tangan.

Sumber Gambar: Media Budaya Indonesia

Burung Enggang, Lambang Pemimpin Ideal

Burung ini merupakan lambang pemimpin yang ideal karena:

  • memiliki sayap yang tebal melambangkan pemimpin yang melindungi, menaungi rakyatnya.
  • bersuara keras artinya pemimpin yang selalu didengar rakyat, menunjukkan ketegasan, keberanian dan berbudi luhur.
  • berekor panjang sebagai tanda kemakmuran.
  • hidup berpasangan, tidak dapat hidup tanpa pasangannya. Jika ditinggal mati pasangan, tidak akan mencari pasangan baru. Hal ini mencerminkan lambang kesetiaan.
  • hanya hinggap di tempat yang tinggi: di pohon, bukit tinggi yang mencerminkan sifat keluhuran, jiwa kepemimpinan.
  • tidak mencari makan di tanah artinya lambang kesucian dan tidak serakah.

Burung Enggang melambangkan sikap seorang pemimpin yang menurutku ideal. Selanjutnya, pada bulan Februari 2024 ini, kita sama-sama akan memilih pemimpin baru untuk negeri ini.

Udah tahu kan pilihanmu untuk pilpres nanti? Pilih Enggang yang tepat ya!

Referensi

Bulsah, Salman. Nasib Enggang Gading, Maskot Kalbar yang Terus Diburu. 2020. https://pontianakpost.jawapos.com/features/1462715360/nasib-enggang-gading-maskot-kalbar-yang-terus-diburu

Media Budaya Indonesia.com Burung Enggang, Burung yang Dikeramatkan oleh Suku Dayak. 2022. https://mediabudayaindonesia.com/news/show/2505202213-burung-enggang-burung-yang-dikeramatkan-oleh-suku-dayak

Rangkong Indonesia. Enggang Gading, Si Burung Besar Maskot Kalimantan Barat. 2020. https://rangkong.org/berita/enggang-gading-si-burung-besar-maskot-kalimantan-barat

Toemon, Sylvana. Mengapa Burung Enggang Dianggap Penting Oleh Suku Dayak? 2017. https://bobo.grid.id/read/08679692/mengapa-burung-enggang-dianggap-penting-oleh-suku-dayak?page=all

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *