March 2023,  My Learning Journey

Di Buang Sayang

Pernah ngga ketemu orang yang suka nyimpen barang-barang lama, yang udah kedaluarsa? Atau, pernah ngga ketemu orang yang suka nimbun barang di rumah sampai rumahnya penuh? Baju, barang pecah belah, kardus dan koran bertebaran. Tetanggaku kaya gitu.

Hoarding

Tetanggaku punya gangguan kesehatan mental yang namanya hoarding. Dia merasakan kebutuhan untuk menyimpan barang meskipun barang tersebut barang lama, kedaluarsa, atau tidak berharga bagi orang lain. Terus, dia merasakan kebutuhan untuk menyimpan barang meskipun barang tersebut barang lama atau tidak berharga bagi orang lain.

Sumber Gambar: freepik

Jenis Hoarding

Setelah cari-cari, aku menemukan informasi kalau hoarding ada beberapa jenis. Antara lain:

  • Trash hoarding: kumpulin sampah, barang bekas atau rusak, koran, elektronik.
  • Food hoarding: kumpulin makanan busuk, kedaluarsa.
  • Compulsive shopping: belanja berlebihan, tapi ngga di pakai.
  • Animal hoarding: Kumpulin anjing atau kucing.
  • Sentimental hoarding: kumpulin barang yang ada memori orang atau tempat yang tak mudah dilupakan.

Selanjutnya, mengetahui penyebab hoarding akan sangat berguna untuk membantu orang yang memiliki gangguan ini.

Penyebab Hoarding

Apa saja penyebab hoarding?

Pengalaman yang menyakitkan sehingga membuat trauma yang berkepanjangan serta pribadi yang terlalu perfeksionis, sulit mengambil keputusan dan terlalu khawatir merupakan penyebab hoarding. Kemudian, seseorang yang memiliki trauma masa kecil, kemiskinan, pelecehan emosional, ditelantarkan keluarga atau orang terdekat juga memicu terjadinya gangguan mental hoarding. Selain itu, hoarding dapat terjadi ketika seseorang mengalami kehilangan barang atau orang yang dicintai sehingga merasa kesepian dan stress. Lebih jauh lagi, riwayat keluarga juga berpengaruh. Terlebih lagi jika anak mengikuti kebiasaan orang tua yang suka menimbun barang.

Cara Bantu Pengidap Hoarding

Tawarkan bantuan clean up dengan bahasa yang sopan dengan sikap hormat dan jangan memaksa merupakan cara membantu pengidap hoarding. Setelah pengidap menerima tawaran bantuan, dengarkan, tanyakan pengidap ingin membuang barang apa terlebih dahulu. Kemudian, hargai pendapatnya. Jika perlu, hubungi psikiater.

Akhirnya, semoga semuanya peka dan mau membantu pengidap hoarding. Love you all!

Referensi

Mind. Hoarding. 2022. https://www.mind.org.uk/information-support/types-of-mental-health-problems/hoarding/about-hoarding/

Halodoc. https://www.halodoc.com/kesehatan/hoarding-disorder

Polizzi, Michelle. What Is Hoarding? 2021. https://www.verywellhealth.com/hoarding-5093362

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *