Welcome

Mental Health and Spiritual Quotient

Hallo semua! Welcome to my website! Website ini merupakan tempat curhat, pemikiran, pembelajaran yang ku dapat dalam perjalananku sebagai kepala sekolah dan guru, tentang kesehatan mental dan kecerdasan spiritual. Pengalamanku bertemu dengan siswa, guru dan orang tua mengajarkanku tentang pentingnya kesehatan mental dan kecerdasan spiritual terutama pada anak-anak. Mereka adalah guruku.

Ella (bukan nama sebenarnya) merupakan salah satu siswa di sekolah tempatku bekerja. Ella memiliki jantung yang tak sempurna sejak lahir. Hal ini mengakibatkan asupan oksigen kurang sehingga tubuhnya lebih pendek dan kecil dibandingkan siswa lain seusianya. Ayahnya yang keras dan menjaga jarak serta ibunya yang mengalami masalah kesehatan ginjal mengakibatkan Ella selalu minder ketika berinteraksi dengan siswa lain di kelasnya. Beberapa kali dia menyatakan kepada temannya di kelas kalau dia ingin bunuh diri dan benci dengan keadaanya.

Lain halnya dengan Levon (bukan nama sebenarnya). Levon memiliki kecenderungan agresif dan hiperaktif. Terapist yang dipilih orang tua sudah menangani Levon dibantu dengan obat-obatan. Namun, mendidik Levon butuh kesabaran. Orang tua sering memukul Levon sewaktu Levon kecil ditambah lagi kondisi hadirnya adik tiri dikeluarganya membuat Levon dendam dan mengalami luka batin.

Ella dan Levon merupakan inspirasiku. Aku sangat menyayangi mereka. Kesehatan mental dan kecerdasan spiritual merupakan fondasi yang penting bagi semua terutama anak-anak. Website ini kupersembahkan kepada mereka dan anak-anak, orang-orang lain di luar sana.

My Learning Journey – berisi tentang curhatku tentang topik curhatan yang aku post setiap Jumat malam. Isinya tentang mental health, spiritualitas dan fenomena sehari-hari. Di klik ya!

Journaling – teknik journaling yang kuterapkan pada diriku sendiri dan siswaku. It works for self healing and motivation. Click if you want to know more!

Travel my travelling journey, friends I get from traveling. Yuk di cek!

Consultation you can talk and consult about your child, your mental health and Spiritual Quotient (SQ). Klik menu Consultation dan klik link untuk mengisi form konsultasi.

All the best!

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *