June 2023,  My Learning Journey

Misteri Hari Jumat

Hari Jumat merupakan hari yang ku tunggu-tunggu. Jumat merupakan hari me time ku. Biasanya aku: ngulik topik dan share lewat media sosial. Aku juga sering jalan bareng teman di hari Jumat.

Aku yakin banyak orang suka sama hari Jumat. Selain itu, kenapa orang banyak melakukan perbuatan baik di hari Jumat? Jumat berkah, sholat Jumat dan Jumat Agung. Ada apa dengan hari Jumat?

Sumber Gambar: Monstera pexels

Sedekah dan Sholat Jumat

Pemeluk agama Islam melakukan ibadah di hari Jumat. Selain itu mereka sering kali berbagi sedekah kepada sesama di hari Jumat. Alasannya karena: pelipat gandaan pahala mejadi lebih besar. Melakukan sedekah pada di Jumat seperti melakukan sedekah di bulan Ramadan. Umat muslim percaya bahwa hari Jumat, Allah mengabulkan doa dan harapan.

Sumber Gambar: Heiko Stein Pixabay

Jumat Agung

Selanjutnya, hari Jumat Agung merupakan hari Yesus wafat disalib. Selain itu, umat Katolik melakukan ritual jalan salib yaitu “via cruces” atau “via dolorosa” dalam 14 perhentian. Jalan salib menggambarkan perjalanan dari Yesus mendapatkan hukuman mati, penyaliban, wafat dan pemakamanNya.

Jumat Sabat

Hari Sabat di Jumat dalam agama Yahudi merupakan hari suci. Keluarga menyalakan lilin, baca berkat dan merayakan dengan jamuan meriah. Semua beristirahat tanpa bekerja atau beraktivitas.

Jumat: Shukra

Hari Jumat berhubungan dengan dewi cinta, kesuburan dan kemakmuran dalam agama Hindu yaitu Shukra. Seremonial agama dilakukan termasuk moment memulai usaha baru.

Sumber Gambar: Raj Pannu: pexels

Hari Guru Nanak

Agama Sikhisme menganggap hari Jumat sakral karena merupakan hari guru Nanak, pendiri Sikhisme memberikan kotbah pertama.

Hari Jumat merupakan hari keyakinan, spiritualitas, refleksi diri sekaligus kebersamaan dengan keluarga dan teman.

Susiana Samsoedin

Referensi

Direktorat Pendidikan Pembinaan Agama Islam. Sedekah Jumat Berkah. Fs, Eninggar. https://dppai.uii.ac.id/sedekah-jumat-berkah/

Edeltrudizth. Berapa Jumlah Perhentian Jalan Salib? katolikpedia.id. 2022. /https://katolikpedia.id/berapa-jumlah-perhentian-jalan-salib/

Hasan, Azfar. The Significance of Friday: How Different Religions Celebrate the Most Sacred Day. linkedin.com. 2023. https://www.linkedin.com/pulse/significance-friday-how-different-religions-celebrate-azfar-hasan/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *