January 2024,  My Learning Journey

Ho’oponopono

Beberapa minggu yang lalu, waktu aku ikut kelas tentang manusia, coach aku menyebutkan satu kata yang bagiku nyentrik dan bikin aku penasaran. Iya… katanya sama kaya judul tulisan ini. Ho’oponopono. Penasaran kan?

Asal Ho’oponopono

Karena aku penasaran, aku akhirnya cari tahu tentang kata nyentrik ini. Ho’oponopono, merupakan metode terapi untuk membantu penyembuhan, membersihkan energi dengan memaafkan dan rekonsiliasi.

Lebih jauh lagi, metode ini merupakan metode terapi kuno yang berasal dari Hawai. Morrnah Nalamaku Simeona merupakan founder dari HO’oponopono.

Sumber Gambar: pikisuperstar Freepik

Penerapan Ho’oponopono

Yang lebih mengejutkan lagi, ada seorang dokter yang bernama Dr. Hew Len.

Dr. Hew Len mempraktikkan metode ini terhadap pasien criminal insane di Hawai State Hospital tanpa bertemu dengan mereka.

Hasilnya? Semua pasiennya sembuh.

Dr. Hew Len hanya melihat data para pasien dan menggunakan 4 kalimat ajaib yaitu:

I’m sorry

Please forgive me

Thank you

I love you

Jadi, cuma ucapin kalimat-kalimat itu aja? Tentu tidak.

Selanjutnya, dari data yang Dr Hew Lin dapat, dia duduk tenang dan mata terpejam. Kemudian, dia memasukkan semua data emosi dari para pasien dan mengucapkan 4 kalimat itu dengan hati yang tulus mau membantu sehingga terkoneksi dengan Sang Sumber, Tuhan atau alam semesta. Beliau melakukannya bukan hanya sekali.

Metode ini juga bisa diterapkan untuk menyembuhkan diri sendiri dengan mengampuni, menerima dan mencintai diri sendiri.

Aku kepingin coba. Gimana dengan kalian?

Referensi

Ho’oponopono Official. From Ho’oponopono to Self I-Dentity through Ho’oponopono (SITII). https://hooponopono-asia.org/en/reading/about-sith-hooponopono/

Faqih, Dhiajeng Pambayun. Ho’oponopono Langkah Strategis Upaya Memulihkan Kesehatan Jiwa. 2022. https://www.kompasiana.com/dhiajengfqh/62abe014edb24b5ab15c2664/ho-oponopono-langkah-strategis-upaya-memulihkan-kesehatan-jiwa?page=3&page_images=1

Rogers, Charlotte. Ho’oponopono and Manifestation – When Ancient Wisdom Combines. https://moderndaymanifestations.com/hooponopono-and-manifestation/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *