My Learning Journey,  September 2022

Self Love and Self Healing

Aku senang banget dengerin podcast tentang self love atau self healing. Merenungkan kata-kata tersebut, muncul pertanyaan dalam benakku: self love atau self healing ya yang duluan? Supaya mentalku tetap sehat dan terjaga.

Sumber Gambar: wayhomestudio on Freepik

Akhirnya, aku coba tanya pendapat teman-teman kemarin. Ada yang bilang self healing duluan, ada yang self love duluan. Ada yang bilang sama aja. Bahkan, ada yang bilang selfie dulu. Hahaha…

Menurut podcast yang aku dengar dan buku yang ku baca akhirnya ketemu jawabannya.

Self Love

Beberapa waktu lalu, aku sempat tulis artikel tentang self love VS selfish. Tapi, kemarin itu aku belum sempat tulis langkah self love dari video Reza Gunawan dan Yura Yunita yang ku dengar ke website ku ini. Jadi kali ini aku tulusin ya bocoran dari mereka tentang langkah-langkah self love:

Pertama, mengenal diri sendiri. Butuh waktu lama karena waktu kita lahir, kita sudah diberi label nama oleh orang tua kita. Kita tumbuh sesuai dengan ekspektasi orang tua, sahabat, teman, bahkan bos kita. Renungkan hal berikut: Seperti apa kita? Apa yang kita mau? Ingat, yang kita mau bukan ekspektasi orang lain terhadap kita.

Kedua, menerima diri. Terima diri kita beserta bagian dari diri kita yang tidak kita suka. Tahu akan kelemahan dan kelebihan diri. Relasi dengan diri kita sendiri menjadi cerminan relasi kita dengan orang lain. Contoh: ketika kita tahu kita tidak disiplin dan kita nga suka akan hal itu, maka ketika kita ketemu orang yang tidak disiplin, akhirnya kita jadi keras sama mereka.

Ketiga, menyembuhkan diri (self healing). Self healing maksudnya sadar akan luka kita, kemudian, kita hadapi, obati dan rawat sehingga menjadi sembuh.

Healing yang benar merupakan 75% oleh diri sendiri, 25% dari bantuan orang lain yang dipercaya. Kalau 100% healing dari diri sendiri akan lebih hebat lagi.

Self Healing

Kesimpulannya, healing yang paling efektif berasal dari diri sendiri. Lalu, bagaimana teknik self healing yang efektif? Latih diri dalam hal:

  • Nafas: kontrol nafas, dalam dan panjang
  • Gerak: menggerakkan badan terbukti melepas tekanan
  • Sentuhan berupa pelukan, rangkulan dari orang terdekat
  • Hening, meditasi melatih awareness, kesadaran dan kepekaan diri
  • Afirmasi kata positif akan menarik hal positif di alam bawah sadar
  • Kombinasi no 1-5

Jadi… self love dulu atau self healing dulu?

Self love dulu karena…

Self healing merupakan bagian dari self love.

Susiana Samsoedin

Healing akan lebih cepat jika punya self love

Elly

Percuma kalau kita self healing tapi akar di diri belum beres.

Abi

23 September 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *