May 2023,  My Learning Journey

Cepat Sembuh Ya!

Minggu lalu, aku jagain mertuaku yang sakit beberapa hari. Apakah kalian pernah jagain orang sakit selama beberapa hari? Aku yakin ada juga yang pernah jagain orang sakit bukan hanya beberapa hari. Mungkin beberapa minggu, bulan bahkan tahun.

Sumber Gambar: Freepik

Jangain mertuaku yang sakit merupakan kesempatan aku untuk belajar jadi cerewet tanyain dokter, suster. Jadi cerewet ingetin mertua untuk minum obat. Selain itu, aku belajar masak. Aku ga nyangka mertua dan anakku suka masakan vegetarian yang ku masak. Habis dan ludes semua. Terus, aku jadi lebih menjaga kesehatan diri. Aku jadi minum banyak vitamin. Aku kepikiran untuk bawa kasur lipat untuk tidur. Selanjutnya, aku jadi suka bersih-bersih rumah. Dulu semua ku serahkan semua pada ART. Aku jadi tahu area mana yang perlu banyak perhatian dan diperbaiki.

Selain hal-hal yang ku sebut di atas, dari sisi pribadiku aku belajar untuk sabar, tulus. Aku belajar melayani orang lain lebih baik lagi. Aku jadi lebih peduli sama keluarga. Amazing thing is I felt the love from all directions! Aku merasakan kepedulian orang lain terhadap aku dan keluargaku. Ada yang doain, jenguk, kasih makan siang, snack, buah. Lebih dalam lagi, aku bersyukur setiap detik! Aku lihat kondisi pasien lain yang lebih parah sakitnya dari mertuaku. Tuhan, alam semesta sayang keluargaku.

Tujuh Tips Jaga Kesehatan

Bagi yang sering jagain orang sakit, aku punya tujuh tips untuk kalian:

  • Istirahat yang cukup. Istirahat memungkinkan tubuh recharge kembali.
  • Makan makanan sehat. Gizi yang seimbang dan menghindari junkfood baik untuk kesehatan.
  • Olah raga teratur. Sempatkan waktu untuk latihan ringan agar sirkulasi tubuh tetap lancar
  • Kelola stres. Jalani, doa, lepaskan. Serahkan semua pada Tuhan, Dia tahu yang terbaik
  • Minta bantuan orang lain untuk istirahat sejenak. Tanyakan kesediaan keluarga terdekat untuk bergantian menjaga yang sakit.
  • Istirahat, jeda , chill time sebentar. Me time tetap perlu.
  • Tetap sosialisasi supaya ga stres. Tertawa bareng meningkatkan imun tubuh.

Selanjutnya, tetap semangat dan terus berdoa. Semoga membantu ya! Love you all!

Referensi:

Alodokter. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Sedang Merawat Orang Sakit? Jangan Lupa Menjaga Diri Sendiri. 2020. https://www.alodokter.com/sedang-merawat-orang-sakit-jangan-lupa-menjaga-diri-sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *