June 2023,  My Learning Journey

Gosip! Digosok Makin Sip!

Aku pernah lihat temanku bertengkar mulut dengan teman yang lain gara-gara menjadi korban gosip dan dipermalukan. Bukan cuma lihat, aku pun pernah digosipin. Apakah kalian pernah menjadi korban gosip juga?

Apa sih alasan orang bergosip? Cara responnya gimana ketika menjadi korban gosip?

Sumber Gambar: Karolina Grabowska_pexel

Gosip, Jenis, Tujuan dan Alasannya

Gosip artinya percakapan mengevaluasi seseorang yang tidak hadir pada saat itu. Selain itu, ada 3 jenis gosip yaitu yang pertama, gosip netral. Orang menggunakan gosip netral untuk berbagi informasi. Contoh: dia kerja di kantor advertising lho. Kedua, gosip negatif. Orang menggunakan gosip negatif sebagai senjata untuk menyerang orang lain. Contoh: dia bodoh banget ya. Ketiga, gosip positif. Gosip positif mendorong perbaikan diri. Contoh: dia bisa lah bikin iklan. Dia pintar kok.

Lebih lanjut, orang memiliki tujan ketika bergosip, yaitu untuk: memengaruhi orang lain, menjalin kedekatan dengan group tertentu, bertukar informasi dan melampiaskan emosi. Selain itu, ada berbagai alasan orang bergosip. Orang bergosip karena:

  • merasa lebih unggul, hebat dan benar.
  • kebiasaan
  • iri, insecure.
  • ga suka sama orang yang dibicarakan tanpa alasan.

Tips Menghadapi Gosip Negatif

Menjadi sasaran gosip negatif membuat perasaan sangat tidak nyaman. Akan sangat mudah ketika mengetahui cara menghadapi si penyebar gosip. Ketika gosip negatif menyerang kita, lakukan tiga tips ini:

  • Pastikan dulu kebenarannya. Benar atau tidak orang itu yang bergosip.
  • Jangan langsung reaktif dan melabrak dengan nada tinggi. Cara ini “kampungan”.
  • Main cantik dan elegan. Tetap bersikap manis dan berbuat baik. Pura-pura tidak tahu. Hati-hati, tetap pasang strategi untuk orang ini.

Love you all!

Referensi:

Fox, Evolution, alienation and gossip: The role of mobile telecommunications in the 21st century. 2001.

Miller, Kori D. What is Positive Gossip? + 7 Examples. 2019. https://positivepsychology.com/positive-gossip/#:~:text=Positive%20gossip%20includes%20prosocial%20behaviors,the%20time%2C%20it%20is%20neutral.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *