March 2023,  My Learning Journey

Si Penggoda

Si penggoda ini kerap muncul dalam pergumulan batin. Dia suka membujuk untuk melakukan yang negatif, dan jahat. Bahkan, hingga akhirnya rasa sombong, cemburu, iri hati muncul.

Sumber Gambar: rawpixel.com_freepik

Mara, Si Penggoda dalam Agama Buddha

Mara merupakan Si Penggoda dalam agama Buddha. Manifestasi dari Mara dalam keseharian menimbulkan konflik, krisis, kebingungan dan siksaan mental.

Mara menggoda Pangeran Siddharta untuk mencegah pencapaian pencerahan. Mara memanggil bala tentara bermuka seram, hujan, api dan gempa bumi serta 3 putrinya. Namun, upaya Mara tidak berhasil. Mara merupakan penggambaran Dewa Cinta pada jaman India kuno. Selain itu, Mara dianggap sebagai setan di Thailand dan Sri Lanka.

Si Penggoda dalam Agama Katolik

Lebih lanjut, agama Katolik mendeskripsikan dan menyebut Si Penggoda sebagai:

  • Setan atau Iblis. Dia yang merayu manusia untuk melanggar perintah Tuhan. Wujudnya berupa naga besar dan ular tua.
  • Lucifer. Dia adalah malaikat tertinggi. Selain itu, dia juga tampan dan pemusik serta penyanyi yang handal. Suatu hari, dia memberontak, ingin menyamai Tuhan. Akhirnya, dia dan 1/3 malaikat pendukungnya diusir dari Surga dan jatuh ke dalam dosa. Lucifer dan malaikat pendukungnya mempunyai misi yaitu mengancurkan manusia dengan kesombongan, cemburu dan ketidapuasan. They are manipulators. Beberapa waktu lalu aku juga tulis tentang sifat mereka yang satu itu.

Kemudian, bagaimana dengan Tuhan?

Tuhan mencintai manusia tanpa batas. Dia memberikan semua yang ada di alam ini untuk manusia. Terlebih lagi, Dia tahu setiap pikiran dan perbuatan manusia.

Setiap hari, manusia selalu berhadapan dengan Si Penggoda. Menguatkan diri, menghargai ciptaan alam semesta dan berusaha berbuat baik merupakan tugas manusia.

Susiana Samsoedin

3 Maret 2023

Referensi

Guruge, Ananda WP. Mara Si Penggoda. 2014. https://pustaka.dhammacitta.org/ebook/umum/Mara%20si%20Penggoda.pdf

Amazing Facts Indonesia. Apakah Tuhan Menciptakan Setan? 2016. https://amazingfacts.id/apakah-tuhan-menciptakan-setan-2/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *